Pensil Warna

Raihlah ambisimu setinggi langit!

img
Home / News / Tips Untuk Memulai Bisnis Online Di Era Digital

Tips Untuk Memulai Bisnis Online Di Era Digital

/
/
/
59 Views

Di jaman milenial seperti sekarang ini, hampir semua orang menggunakan Internet di jaman era milenial seperti sekarang ini. Banyak layanan serta informasi yang bisa didapat seseorang melalui Internet. Di sisi yang lain nya, penggunaan internet di era milenial seperti sekarang ini memicu beberapa hal di antara nya peluang bisnis online yang saat ini sedang digemari berbagai kalangan. Dengan ada nya internet, kita bisa bekerja dari mana saja dan mengatur jam kerja sendiri. Bukan hanya itu, dengan adanya internet kita juga bisa membuka peluang bisnis online juga yang dimana bisnis tersebut tidak membutuhkan begitu banyak modal sehingga terciptanya peluang yang begitu banyak dimana orang ingin memulai bisnis online.

Lalu bagaimana tips atau cara untuk memulai bisnis online di era jaman milenial seperti sekarang ini? Kita lihat yuk tips nya di bawah ini.

Memilih Produk atau Jasa yang Ingin di tawarkan.
Memulai sebuah bisnis berarti Anda juga harus memulainya dengan sebuah konsep tentang produk atau jasa yang ingin di tawarkan kepada calon customer. Sebuah produk atau jasa yang di tawarkan kepada calon customer akan menentukan jenis iklan yang akan kita gunakan sebagai media promosi, apabila target customer pelanggan yang dituju tersebut memiliki faktor tertentu misalnya pendapatan seseorang maka akan berpengaruh terhadap besar kecilnya anggaran yang dibutuhkan pada saat kita mempromosi produk atau jasa yang kita iklan kan di suatu media.Untuk memudahkan dalam pemilihan jenis produk atau jasa yang ingin kita tawarkan kepada calon customer kita, kita bisa memulainya dengan mencari produk atau jasa yang sesuai dengan hobi atau minat kita serta melihat seberapa banyak nya ketersediaan sarana dan prasarana yang bisa mendukung kegiatan kita di dalam promosi produk atau jasa yang berada di lokasi sekitaran kita.

Tentukan Nama Bisnis atau Brand Bisnis yang Mau kita Gunakan.
Meluangkan waktu untuk memilih nama atau sebuah brand yang unik ketika ingin memulai bisnis online akan menjadi point plus bagi nama tersebut karna akan dengan sangat mudah calon customer atau customer setia kalian mengingat nama atau brand dari sebuah produk atau jasa yang kita miliki. Ketika nama produk atau brand kita lebih mudah dikenali atau di ingat customer maka dalam memasarkan bisnis dapat memungkinkan kita meraih pendapatan yang begitu besar dari bisnis online yang kita jalani saat ini. Jika, kita telah memiliki sebuah nama atau brand produk dalam benak pikiran kita sendiri, cobalah cari nama alternative tersebut melalui pencarian Internet sebagai bahan optional dari nama atau brand yang kita inginkan.

Memiliki alat Transaksi
Ketika kita memulai sebuah bisnis maka kita juga perlu memperhitungkan alat transaksi yang akan kita gunakan, karena semua pembayaran akan ditransaksikan secara tidak langsung karena terbentang sebuah jarak. Kita memerlukan alat transaksi yaitu sebuah akun rekening Bank atau beberapa akun rekening Bank. Rekening bank tersebut dapat memudahkan calon customer atau pelanggan memilih alat transaksi yang di gunakan misalnya penggunaan rekening Bank dimana mereka akan gunakan sebagai alat transaksi pembayaran. Hal ini sangat penting diperhatikan karena banyak transaksi online yang di gunakan oleh calon customer atau pelanggan kita tidak menjadi membeli produk yang kita tawarkan dikarenakan sebuah rekening Bank dari bisnis online yang kita jalani tidak memiliki rekening yang sama dengan pelanggannya. Dalam hal ini pelanggan gagal meneruskan pembayaran karena jauh nya mesin ATM atau tidak memiliki mobile banking sebagai alat transaksi transfer antar Bank.Jadi sebaiknya kita pikirkan dengan cukup matang tentang pembukaan beberapa rekening Bank agar calon customer atau pelanggan kita menjadi mudah dalam bertransaksi.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi?

Nama Domain
Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa seh yang di maksud dengan nama  domain. Nama Domain adalah sebuah nama alamat website yang akan kita tuju, contohnya adalah https://digitalpensil.com. Nah setelah kita memutuskan sebuah nama atau sebuah brand yang mudah untuk mudah di kenali calon customer atau pelanggan, maka ada baiknya kita daftarkan nama domain tersebut untuk mulai membangun bisnis online. Nama domain adalah sebuah alamat situs yang biasanya diakhiri dengan “.com”, “.net”, dan sebagainya. Kita dapat memeriksa ketersediaan nama domain dengan mengetiknya ke mesin pencarian di Internet dengan alat browser berupa chrome, firefox, opera, safari untuk dapat melihat apakah nama situs tersebut sudah ada yang memilikinya atau belum dengan nama web yang akan kita daftarkan.

Membangun Website sebagai wadah
Agar bisnis online kita berjalan dengan lancar di situs web maka kita harus membeli web hosting, yang ditawarkan oleh perusahaan jasa hosting. Biasanya perusahaan tersebut yang juga menyediakan pendaftaran domain. Saat kita mulai bisnis yang akan kita ajalani, kita bisa membuat situs web sendiri sebagai wadah yang akan kita gunakan di dalam kegiatan bisis tersebut itupun jika kita memahami tata cara dalam pembuatan suatu website. Tetapi jika sebaliknya kita tergolong orang yang sangat awam dengan dunia digital maupun di dalam pembuatan website, kita bisa menggunakan jasa pembuatan website.

Setelah hal-hal tersebut terpenuhi, maka kita siap untuk memulai bisnis di dunia digital. Perlu di ingat bahwa Internet adalah tempat yang sangat padat dan luas, kita tidak bisa duduk santai dan menunggu calon customer atau pelanggan datang dengan sendirinya. Jadi, cobalah carilah cara untuk mempromosikan bisnis kita melalui media online maupun offline seperti iklan online, media sosial, flyering dan berbagai media iklan lainnya agar dapat menunjang dalam berkegiatan di dunia bisnis digital. Jangan lupa untuk membuat laporan keuangan agar kita dapat mengetahui cash flow atau alur penggunaan biaya kita dalam kegiatan berbisnis.

Sekian dulu ya Bro/Sis Artikel tentang Beberapa tips dalam memulai Bisnis Online, Semoga bermanfaat ya buat kita semuanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar