Pensil Warna

Raihlah ambisimu setinggi langit!

img
Home / News / Beberapa Tips Cara Agar Sukses Meeting Meyakinkan di Depan Client

Beberapa Tips Cara Agar Sukses Meeting Meyakinkan di Depan Client

/
/
/
24 Views
Meeting dengan calon klien maupun dengan klien itu sendiri adalah salah satu kesibukan yang acap kali dijalankan di dunia bisnis.

Berhasil atau tidaknya sebuah meeting ditetapkan dari diri sendiri, di mana Anda bisa menarik perhatian klien yang secara otomatis bisa memengaruhi perkembangan bisnis menjadi lebih bagus. Berikut sebagian kiat meeting dengan klien yang dapat Anda lakukan.

Datang Ideal Waktu

Datang ke meeting pas waktu merupakan salah satu hal penting yang patut Anda lakukan. Dengan datang pas waktu, Anda telah memperlihatkan seberapa besarnya Anda menghargai waktu. Hal ini tentu dapat membikin klien percaya bahwa Anda dapat menjalankan dan menuntaskan suatu proyek dengan pas waktu.

Jadilah Pendengar yang Bagus dan Berikanlah Solusi

Pada dasarnya client merupakan pembeli. Jadi yang perlu anda lakukan merupakan anda memperdengarkan client anda. jangan pernah memotong diskusi client anda selain bila client anda telah via batas. Jadilah pendengar yang bagus, sebab anda bisa mengkaji keperluan client anda.

Berikan Kesan yang Bagus

Dalam meeting, pasti sesekali Anda merasa gugup dan khawatir. Itu segala sebab Anda kurang percaya diri. Untuk memberikan kesan yang bagus, cobalah untuk lebih percaya diri dan tunjukan kesanggupan Anda secara optimal. Mulailah berdaya upaya positif, kuasai materi presentasi, dan cobalah berpenampilan yang rapi dan sopan.

Persiapkan Bahan Materi Presentasi dengan Bagus

Sebelum meeting, lazimnya Anda patut menyiapkan materi dalam wujud powerpoint. Dalam membikin materi, cobalah masukkan data yang singkat, terang, padat, dan gampang dipahami oleh klien. Anda juga dapat menambahkan image atau gambaran yang mempermudah Anda dalam menjelasakan materi ke klien.

3 Istilah Perbedaan Pelanggan Customer, Client serta Consumer di dalam Bisnis

Senantiasa Sediakan Plan ‘B’

Senantiasa sediakan plan b dikala anda berharap presentasi ke client. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tak diharapkan seperti baterai habis melainkan charger tertinggal di rumah, atau computer tiba-tiba error, file presentasi corrupt, dan sebagian hal lainnya. Senantiasa check kesiapan anda dan mempersiapkan situasi terburuk, dengan demikian itu anda bisa terhindar dari hal-hal yang tak di inginkan.

Tunjukan Kecakapan

Sesudah menyiapkan materi, tunjukan kesanggupan Anda dengan merajai materi yang berharap Anda sampaikan. Pelajari segala materi yang ada untuk menerangkan segala secara detil, sehingga Anda bisa menjawab segala pertanyaan dari klien. Dengan demikian itu, klien akan lebih percaya bahwa Anda dapat mengerjakan suatu proyek dengan benar.

Cari Tau Karakteristik Client Anda

Cari tahu karakteristik Client anda seperti kata jendral besar cina Sun Tzu
Know the enemy and know theyself, find naught in fear for a hundred battles.
Know theyself but not the enemy, find tahapan of loss and victory.
Know the enemy but not theyself, wallow in defeat every time.

Ketahuilah musuhmu dan dirimu karenanya kemenangan pasti ada di tangan anda. Maksud musuh dalam konteks ini merupakan client melainkan bukan untuk di lawan melainkan di jadikan sahabat bisnis. Apabila kau mengenal apa yang kau hadapi karenanya anda akan mempunyai lebih besar kemungkinan menang.

Sebelum anda berjumpa dengan client anda cari tahu perihal ia via social media seperti fb, tweeter,path,instagram dan lain-lain. carilah topik yang update perihal apa yang client anda sukai. sebab basa-basi itu diperlukan dalam meeting dengan client.

Berikan Kans pada Klien

Sedangkan tujuan meeting Anda untuk mempresentasikan suatu proyek, Anda juga patut memberikan kans terhadap klien untuk menanyakan sesuatu atau memberikan feedback untuk kepentingan proyek. Dengan mempersilakan klien untuk bertanya, mereka akan merasa lebih dihargai. Jadi, lakukan komunikasi dua arah dikala Anda melaksanakan meeting dengan klien maupun rekan kerja lainnya.

Lihatlah dari Sudut Pandang Bisnis

Dikala anda berdialog dengan client anda berbicaralah dari sudut pandang bisnis akan melainkan jangan melalaikan sisi teknologi. Yakinkanlah client anda bahwa project bila di buat oleh anda dapat mendapatkan profit seperti desainnya lebih baik, sistimnya lebih canggih, proses cuma memakan waktu sejenak saja, melainkan semua sesuatu patut dalam lingkup kesanggupan anda jangan menjanjikan sesuatu diluar kesanggupan anda.

Tanyakan Kejelasan

Sesudah meeting selesai, cobalah hubungi klien atau calon klien Anda untuk mengonfirmasi atau follow up akan kejelasan meeting hal yang demikian. Cobalah ajak klien Anda makan siang di luar atau lakukan kesibukan rutin sebulan sekali untuk mempererat kekerabatan. Dengan demikian itu, klien akan bertahan lama dengan perusahaan Anda. Bukan cuma itu, dengan kekerabatan yang bagus, calon klien bahkan akan datang menghampiri perusahaan Anda.

Sekian dulu ya Bro / Sis Artikelnya, semoga bermanfaat buat kita semuanya. ^_^

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar