Pensil Warna

Raihlah ambisimu setinggi langit!

img
Home / Pemasaran / Salah Satu Cara Efektif Dalam Memenangkan Strategi Pemasaran adalah PUBLIC RELATIONS

Salah Satu Cara Efektif Dalam Memenangkan Strategi Pemasaran adalah PUBLIC RELATIONS

/
/
/
40 Views
Diperlukan suatu komunikasi yang multi disiplin seperti direct mailing, personal selling, dan salah satu cara yang terbukti efektif adalah Public Relations (Hubungan Masyarakat).

Seiring dengan berjalannya pertumbuhan zaman modern serta pesatnya perubahan ekonomi dalam berkegiatan bisnis, mendorong pelaku bisnis atau sebuah perusahaan harus mau menghadapi persaingan global. Hal tersebut menyebabkan pelaku bisnis atau sebuah perusahaan semakin sensitif terhadap kompetisi bisnis, terutama bagi pelaku bisnis maupun sebuah perusahaan yang berkecimpung dalam lingkungan usaha dimana hal tersebut memicu tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat dan dinamis di zaman modern seperti sekarang ini.

Selain itu untuk menjaga kelangsungan usaha dan menghadapi tingkat persaingan yang semakin kompetitif, setiap perusahaan dituntut untuk selalu berusaha melakukan perbaikan berkelanjutan (Continous Improvement) terhadap aktivitas perusahaan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kinerja dari manajemen perusahaan. Sektor pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting bagi lajunya perusahaan. Tiap-tiap perusahaan mempunyai sistem pemasaran dengan strategi khusus dalam memasarkan produknya sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut. Apalagi mengingat semakin banyaknya perusahaan yang bermunculan dengan memproduksi barang yang sejenis.

Nah berikut yang bisa di jadikan acuan dalam meningkatkan persaingan bisnis di zaman modern seperti sekarang ini.

Perubahan Konsep Pemasaran

Bila dahulu dalam segi promotion-mix hanya perlu dipikirkan bagaimana memperoleh ruang dalam surat kabar dalam frekuensi tertentu, atau memperoleh sejumlah spot dalam TV (tentu didalam batas-batas anggaran) dan mencari bantuan suatu perusahaan periklanan melalui creative pith bertingkat yang melelahkan, sekarang hal ini sudah sangat berubah. Sekarang sudah diperlukan suatu promotion-mix yang multi disiplin.

Perubahan konsep pemasaran yang sangat cepat dan bervariasi menjadikan tingkat persaingan bisnis semakin ketat, yang menyebabkan perlunya promosi multi disiplin. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa konsep pemasaran ini begitu cepat perubahannya, diantaranya:

• Meningkatnya tingkat pendidikan dan intelegensia membuat konsumen lebih kritis.

• Kemakmuran/ daya beli yang lebih besar dan perjalanan membuat konsumen selain berorientasi barang atau jasa yang kualitatif/ lebih baik.
Fisik : lebih kecil (kompak), ringan, multi fungsi, dst
Gaya : aneka warna, rasa, bentuk.
Emosi : gengsi, pilihan merek.

• Media massa yang semakin luas daya jangkaunya membuat konsumen di segala penjuru dapat mengakses informasi dengan cepat dan bervariasi sehingga educations produk dari podusen kepada konsumen akan lebih cepat membuat mereka sadar atas barang atau jasa baru yang baru ingin dicoba.

• Kemajuan teknologi dan persaingan yang meningkat juga membuat barang atau jasa lebih mudah diraih.
– Perusahaan cepat dalam model.
– Pembuatan massal menekan biaya.
– Transportasi volume besar juga menekan biaya.
– Teknologi kimia menyediakan bahan dasar secara mudah.

• Perubahan dalam demografi masyarakat membuat masyarakat kita menjadi multi muka (multi faces).
– Yang konservatif dan konvensional
– Ibu rumah tangga yang juga menjadi wanita karir
– White collar dan blue collar
– Yang ultra modern
– Yuppies – young upward mobile profesionals
– Muppies – middle-aged upward mobile profesionals
– Grumpies – grown-up mature persons
– Dinks – double income no kids
– Rofies – retired older folk
– Rorfies – retired older rich folk

• Terbentuknya kelompok Ultra Consumer. Banyak konsumen yang tidak dapat membeli barang top of the line secara teratur, tetapi mereka berusaha memiliki barang-barang prestise dengan menabung atau mengubah prioritas penggunaan dana.Apalagi juga terjadinya perubahan dalam cara pembayaran. Tidak perlu kontan, bisa kredit atau membayar dengan uang plastik.

Konsep Penting yang harus di ketahui dalam Manajemen Pemasaran Bisnis

• Jangan lupa juga terjadi perubahan di lingkungan politik.
Kelompok-kelompok pressure groups yang mempunyai kepentingan melindungi sesuatu :
– Green Peace, Walhi — Melindungi kelestarian lingkungan
– YLKI — Melindungi hak-hak konsumen
– LBHI — Menyediakan bantuan hukum
– Save The Whales — Melindungi ikan paus
– Stop Uranium Mining — Melindungi keselamatan manusia

Pemerintah juga lebih ketat melindungi kepentingan masyarakat :
– Standar yang lebih tinggi
– Keamanan terhadap kesehatan
– Keamanan lingkungan

• Makin mahalnya biaya/harga media massa memaksa pengusaha harus membuat pertimbangan dalam investasi dan penyediaan anggaran komunikasi, periklanan dan promosi.

Ini semua harus membuat para ahli pemasaran atau manajemen lebih peka terhadap perubahan. Peter Dunston, General manager of Information and Public Affair Unilever Australia, mengungkapkan bahwa manajemen harus siap dengan keinginan dan harapan masyarakat. Bila pihak bisnis atau pengusaha tidak belajar menyesuaikan diri terhadap perubahan dari masyarakat, bukan tidak mungkin mereka akan diganti oleh perusahaan lain, atau mengalami tekanan-tekanan dari lembaga atau kelompok masyarakat tertentu. Ini berarti bahwa periklanan dan promosi menggunakan media massa tidak cukup.

Sekian dulu ya Bro / Sis Artikelnya, Semoga Bermanfaat Buat Kita Semuanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar