Pensil Warna

Raihlah ambisimu setinggi langit!

img
Home / Gaya Hidup / Efek Diet Detoksifikasi serta Alternative nya

Efek Diet Detoksifikasi serta Alternative nya

/
/
/
89 Views

Di artikel sebelumnya sudah pernah kita baha apa seh detoksifikasi itu serta cara membuat juice detox. Nah kali ini disini kita akan sedikit membahas tentang efek serta alternative detoksifikasi itu sendiri berikut penjelasannya.

Apakah tubuh kita membutuhkan diet detoksifikasi?

Tubuh kita sebenarnya memiliki mekanisme untuk menghilangkan toksin yang ada di dalam tubuh kita sendiri secara otomatis. Organ-organ tubuh kita sendiri sudah dirancang sedemikian rupa untuk menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh kita sendiri. Kecuali jika racun yang masuk ke tubuh kita sangatlah kuat, diet detox sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Diet yang mengklaim dapat mendetoksifikasi tubuh sampai saat ini masih belum teruji kebenarannya, termasuk detox menggunakan jus.

Efek dari diet detox

Jika kita memutuskan untuk menjalankan diet detox dengan tujuan menurunkan berat badan, maka jenis diet ini bukan diet yang tepat bagi Anda. Kalori yang ditawarkan pada diet detoks beragam antara 800 kalori hingga 1500 kalori. Jika jumlah kalori yang masuk lebih banyak daripada kalori yang keluar, maka tetap saja Anda tidak akan mengalami penurunan berat badan. Selain itu, jenis diet detox yang hanya menyarankan mengonsumsi satu jenis makanan saja (seperti detox jus yang menyarankan konsumsi jus sayur buah saja) tidak disarankan untuk dilakukan dalam jangka panjang karena dapat meningkatkan risiko kekurangan zat gizi yang lain nya.

Sejarah Asal-Usul Tentang Kopi

Bagi mereka yang menderita penyakit tertentu seperti diabetes misalnya, tidak disarankan untuk menjalankan diet ini karena dapat terjadi ketidakseimbangan dalam kadar gula darah. Mereka yang sedang hamil dan menyusui juga tidak disarankan karena selama masa kehamilan dan menyusui dibutuhkan asupan zat gizi yang lengkap untuk mendukung tumbuh kembang bayi.

Beberapa orang mungkin merasa lebih baik setelah menjalankan diet detox, tidak sedikit yang mengklaim diet detox membuat mereka merasa lebih segar dan bertenaga. Pencernaan menjadi lebih lancar dan lidah menjadi lebih sensitif terhadap rasa. Penyebabnya adalah karena kita tidak mengonsumsi makanan yang bersifat “berat” bagi pencernaan. Daging, fast food, makanan tinggi karbohidrat dan lemak, seluruhnya membebani kinerja saluran cerna kita sendiri. Ketika kita sama sekali tidak mengonsumsi makanan tersebut dan beralih hanya mengonsumsi sayur buah (terlebih lagi dalam bentuk cairan), bisa saja tubuh kita merasa menjadi lebih ringan dan segar. Pencernaan yang lebih lancar juga dikarenakan sayur buah yang kita konsumsi sehari-hari, meningkatnya asupan serat tentu membantu kinerja sistem pencernaan di dalam tubuh kita menjadi lebih baik.

Tetapi ada orang yang merespon negatif terhadap jenis diet yang membatasi kalori dan jenis makanan. Jumlah kalori yang sedikit dan zat gizi yang tidak beragam biasanya menyebabkan seseorang merasa lemas karena berkurangnya kadar gula darah, kekurangan tenaga, sakit pada otot, kelelahan, hingga pusing-pusing dan mual. Selain itu jika sayur buah sudah menjadi bentuk jus, kadar seratnya menjadi berkurang karena biasanya yang dikonsumsi adalah jus nya saja tidak beserta ampas atau pulp-nya.

Alternatif diet detox

Seumpama kita merasa diet detox bukan pilihan yang tepat untuk kita tetapi kita masih menginginkan manfaat kesehatan yang sama, cobalah clean eating. Diet detox biasanya menyarankan perubahan kebiasaan dan pola makan baik sebelum ataupun setelah menjalani diet tersebut. Salah satunya adalah clean eating. Clean eating adalah suatu konsep pola makan yang didominasi oleh sayur, buah, whole grain, protein rendah lemak, dan makanan lain yang tidak mengalami pemrosesan yang berlebihan. Kebiasaan ini bagus untuk kita terapkan dalam jangka waktu panjang. Minum jus juga sebenarnya dapat kita masukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

Demikanlah artikelnya bro/sis, smoga bermanfaat ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar