Pensil Warna

Raihlah ambisimu setinggi langit!

img
Home / Umum / Contoh Desain Grafis

Contoh Desain Grafis

/
/
/
167 Views

Sedikit penggambaran tentang Desain Grafis.

Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) untuk menciptakan, atau mengatur beberapa elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, garis dana elemen lainnya di atas suatu media dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Atau dengan kata lain Desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang mengkombinasikan seni dan teknologi untuk mengkomunikasikan ide atau kreatifitas dengan alat utama nya adalah gambar dan tipografi.

Dalam hal desain berbasis gambar, gambar harus mewakili keseluruhan pesan ada baiknya jika ditambahkan kata-kata (Text) untuk membantu memperjelas pesan yang ingin di komunikasikan.

Desain grafis kebanyakan diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, Signage dan lain-lain, untuk menyampaikan sebuah informasi, ide, konsep, atau ajakan dan sebagainya kepada khalayak umum (publik) dengan menggunakan bahasa visual. Dari sini kita mengetahui bahwa Design Graphic adalah Cara Mengkomunikasikan lewat sebuah Media.

Design grafis adalah sebuah cara media yang bertujuan mengkomunikasikan atau menjembatani antara pemberi informasi(penulis) dengan publik(pembaca), baik secara perseorangan, kelompok, lembaga maupun masyarakat secara luas dalam bentuk komunikasi visual.

Ada beberapa Cara Penyampaian Pesan dalam Design Grafis

Design dengan Materi Gambar (Image)

Desainer mengembangkan gambar untuk mewakili ide-ide klien yang ingin di komunikasikan kepada khalayak umum. Gambar menjadi sangat kuat dan semakin menarik apabila penyampaiannya tidak hanya dengan informasi tetapi juga suasana hati serta melibatkan emosi pembaca. Orang akan menanggapi gambar berdasarkan apa yang mereka ketahui dan mereka alami. Jadi kita harus menciptakan pesan visual berdasarkan apa yang ada dipikiran mereka.

Design dengan materi Tulisan (Type Based)

Dalam beberapa kasus, desainer bergantung pada kata-kata untuk menyampaikan pesan atau informasi yang ingin di sampaikan, kadang dengan menggunakan kata-kata yang berbeda dari kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti Bentuk-bentuk tipografi khusus atau huruf buatan tangan, yang memberikan arti dan fungsi di dalam sebuah komunikasi. Desainer harus mempunyai kemampuan menyajikan informasi melalui tipography yang divisualisasikan dalam bentuk tertentu tapi bermakna pesan yang akan disampaikan kepada khalayak umum.

Design dengan materi Tulisan serta Gambar

Designer bisa menggabungkan sebuah gambar serta tipografi (bentuk sebuah tulisan) untuk mengkomunikasikan pesan kepada audiens atau khalayak umum . Mengeksplorasi dengan kata-kata ( tipografi ) dan gambar ( fotografi , ilustrasi , dan seni rupa ) merupakan salah satu bentuk kreatifitas designer untuk menciptakan pesan yang lebih kuat dari kata-kata serta penggunaan gambar yang tepat.

Design dengan materi Simbol atau Logo tertentu

Simbol atau logo adalah bentuk yang khusus, bentuk informasi yang sangat kental atau berkarakter. Simbol adalah representasi abstrak dari sebuah ide atau identitas tertentu. yang akan mewakili sebuah konsep dari sebuah perusahaan tertentu.

Seorang Designer Grafis harus memiliki pengetahuan komunikasi public yang cukup agar pesan yang disampaikan kepada target tertentu dapat diterima, dimengerti dan mengundang respon yang sesuai dengan konsumen tertentu. Disamping itu Dasar kemampuan Seni menjadi modal utama sebagai keahlian menata bentuk visual agar menarik dan mendapatkan perhatian.

Sekian artikel tentang Design Grafis. Apabila artikel ini membawa manfaat bagi orang lain silahkan di share ke temen-temennya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar