Pensil Warna

Raihlah ambisimu setinggi langit!

img
Home / News / Beberapa Contoh Artikel terkait Motivasi, Ilmiah serta Contoh Artikel Kesehatan

Beberapa Contoh Artikel terkait Motivasi, Ilmiah serta Contoh Artikel Kesehatan

/
/
/
175 Views

Nah apabila di artikel sebelumnya sudah pernah kita bahas tentang apa itu artikel beserta model penulisannya. Kali ini kita akan bahas sedikit tentang contoh artikel itu sendiri.

Contoh Artikel

Artikel mempunyai berbagai macam bahasan yang sangat luas. Oleh karena itu kami menyediakan beberapa artikel tentang berbagai tema bahasan yang bisa kamu jadikan contoh artikel. Langsung saja, berikut ini beberapa contoh artikel yang bisa kamu jadikan inspirasi:

Contoh Artikel Motivasi


Artikel motivasi ini merupakan sejenis artikel yang di dalamnya berisi berbagai ajaran dan dorongan untuk seseorang menjadi lebih baik dan lebih maju lagi di dalam mencapai tujuannya. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan motivasi kepada seseorang. Berikut adalah contoh dari artikel motivasi yang baik dan benar sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Penjara Mental

Penjara bukanlah tempat yang di idam-idamkan oleh setiap orang. Bahkan, tempat ini seringkali terasa menyeramkan. Tentu saja yang terbayang adalah ketidaknyamanan karena di dalamnya menjadi tempat berkumpul para penjahat serta pelaku kriminal lainnya. Tentu saja yang ada dalam bayangan banyak orang penjara itu sebagaimana neraka yang amat menyiksa.

Namun mungkin untuk mereka yang merupakan penjahat kelas kakap, berada di penjara adalah hal biasa bahkan sudah seperti hunian mereka sendiri. Dan keluar masuk penjara itu sudah menjadi sesuatu yang biasa untuk mereka. Itu adalah gambaran dari kehidupan penjara yang tentu saja membuat seseorang tidak dapat bergerak secara bebas.

Berbicara soal penjara, ternyata sebenarnya ada suatu penjara di dalam diri seseorang yang tidak disadari oleh mayoritas orang. Penjara yang dimaksud tersebut sebenarnya sama ngerinya dengan penjara nyata yang membatasi gerak dan kebebasan seseorang. Penjara yang dibilang lebih menyeramkan dibandingkan dengan penjara nyata tersebut adalah penjara mental. Dengan adanya penjara mental, seseorang akan terhambat untuk melakukan suatu hal yang semestinya mereka lakukan.

Misalnya saja ada seorang pebisnis yang tidak berani berhutang karena di dalam benaknya sudah tertanam bahwa hutang adalah sesuatu yang tabu.Ia justru memilih untuk membuka usaha dari nol. Hal itu lebih dikarenakan di dalam pikirannya hutang menjadi sesuatu yang tidak baik dan bisa mendekatkan pelakunya kepada dosa. Belum lagi jika di kemudian hari ia tidak bisa membayar hutang tersebut, maka tentu bisa menjadi beban di dalam kehidupannya.

Namun, pada suatu hari seseorang tersebut berhutang karena bujukan dari salah seorang marketing. Yang membuat ia tertarik adalah karena dengan berhutang bisnisnya akan semakin melesat dan cepat berkembang dengan adanya uang hasil hutang tersebut.

Sekalipun dalam jumlah yang tidak terlampau besar, hutang itu menjadi beban di dalam kehidupannya. Bahkan, hampir setiap malam ia bermimpi buruk dan ujung-ujungnya ia tidak bisa fokus untuk kemajuan bisnis yang ia rintis. Contoh ini merupakan gambaran dari penjara pikiran.Lebih kepada adanya hambatan yang terdapat di dalam otak seseorang.

Di dalam kasus orang di atas, ada juga sosok sebaliknya yang dengan ia tidak berhutang, maka akan sulit baginya bisa maju. Penjara mental memang kerap terjadi lantaran ada sejarah di dalam pengalaman yang membakas dalam diri dan pikiran seseorang.Sebagai contoh seseorang ayahnya pernah mempunyai mobil kemudian disita oleh bank dan itu membuat ayahnya menjadi stress.

Bahkan hidupnya terguncang dan akhirnya mengalami bangkrut yang berujung pada hutang dalam jumlah milyaran. Hal ini membuat seseorang tersebut menjadi trauma.Karena itu menjadikan seseorang merasa ketakutan dengan hal yang berbau hutang.

Masing-masing individu tentu saja memiliki penjara mental.Seseorang yang sudah bebas dari yang namanya penjara mental merupakan orang gila.Sesungguhnya, ada kalanya penjara mental berdampak baik untuk seseorang.Karena pada dasarnya apapun yang ada di dalam pikiran seseorang tentu saja untuk menjadikan diri sebagai sosok yang bahagia dan terhindar dari yang namanya sengsara.

Penjara mental mengenai tidak berhutang ataupun berhutang sesungguhnya termasuk ke dalam jenis penjara mental yang masih dalam taraf netral sehingga tidak perlu dibongkar.Yang perlu adalah bagaimana caranya Anda memanfaatkan penjara mental tersebut untuk kebaikan dan kemajuan kehidupan Anda.

Berbicara mengenai penjara mental, sebenarnya ada juga penjara menal yang tidak boleh dibuang, yakni penjara mental yang berkaitan dengan kebaikan dan juga etika. Yang dimaksud adalah misalnya seseorang enggan untuk mencuri.Salah satu faktornya adalah karena adanya penjara mental dalam diri seseorang tersebut. Sehingga, jika ia melanggarnya, maka ia akan masuk penjara dan berdosa bahkan mendapatkan imbalan neraka.

Namun, ini tentu saja sangat berbeda dengan para koruptor yang telah memutuskan untuk mengancurkan penjara mentalnya sendiri. Sehingga, ia pun merasa biasa saja ketika sedang korupsi. Mereka sama sekali tidak merasa bersalah atas perbuatannya terlebih jika itu sudah biasa ia lakukan.

Maka penjara bisa menjadi bak istana. Tidak hanya korupsi, ini sesungguhnya juga berlaku untuk berbagai tindakan yang ada di luar etika secara umum.Termasuk budaya untuk berlaku sopan santun dan sebagainya.

Yang ingin disampaikan di sini adalah ada yang harus senantiasa dipenjara dan ada yang sebaiknya dibebaskan.Misalnya ketika ada kebiasaan menunda tugas, maka kata lakukan sekarang tentu harus segera dibebaskan. Karena seringkali itu diracuni oleh kata nanti sehingga tugas Anda tidak akan pernah selesai.

Di samping berbagai penundaan dan kemalasan, masih banuak lagi yang perlu dilepas dari penjara pikiran Anda. Misalnya saja ketakutan tanpa alasan, rasa tidak percaya diri dan masih banyak lagi hal negatif lain yang semestinya dibebaskan dari pikiran seseorang. Yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana mengelola penjara mental masing-masing individu.Pandai-pandai memilih mana yang semestinya dilepas dan mana yang harus tetap dipenjara.

Contoh Artikel Ilmiah


Selain contoh artikel motivasi, ada juga contoh artikel ilmiah yang tidak kalah penting untuk di baca dan di pahami. Artikel ilmiah merupakan sejenis artikel yang di dalamnya menggunakan bahasa ilmiah dan tentunya dengan bahasa yang ilmiah dan baku. Berikut ini adalah contoh artikel ilmiah yang bisa dijadikan sebagai bahan bacaan dan rujukan Anda.

Alasan Mengapa Kurma Menjadi Makanan Terbaik Saat Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan yang mulia untuk segenap umat Islam.Ada banyak sisi yang berbeda saat bulan Ramadhan yang tidak sebagaimana hari biasa.Ada keseruan tersendiri ketika seseorang tengah menjalankan puasa.Bagi seseorang yang mengaku dirinya beragama Islam, maka berpuasa tentu saja menjadi sesuatu yang wajib.Kecuali bagi orang-orang yang berhalangan untuk melaksanakan puasa.

Hal mengayikkan lainnya ketika bulan puasa adalah ketika seseorang membeli aneka jenis makanan dan juga minuman ketika menjelang buka puasa. Bahkan, tidak jarang ada yang berbagi takjil di bulan penuh berkah ini sehingga di sepanjang jalan akan Anda temui banyak makanan dan minuman yang dibagikan untuk orang-orang yang berpuasa.

Untuk dapat menjalankan puasa selama satu bulan penuh sesungguhnya itu adalah hal yang sulit.Seseorang harus mampu menahan lapar dan juga haus dan itu menjadi tantangan yang amat berat, terlebih ketika awal-awal pelaksanaan puasa.

Hal itu sangatlah wajar karena tubuh seseorang tengah beradaptasi dengan sesuatu yang baru dimana sebelumnya aktif sarapan di jam sekian, maka di bulan puasa seseorang harus melakukan sahur. Akhirnya, perasaan lesu, lelah menjadi hal yang lumrah terjadi.

Untuk seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa, selain memastikan bahwa ia sudah melaksanakan sahur dan memperbanyak konsumsi air putih, maka ada juga resep tambahan yang bisa membuat ia bisa tetap melakukan aktifitas. Yaitu dengan mengkonsumsi kurma yang menjadi salah satu tradisi tidak tertulis selama bulan Ramadhan.

Di bulan nan suci dan penuh ampunan ini, penjualan kurma biasanya akan meningkat drastis dan stoknya pun lebih melimpah. Selain rasanya yang manis, buah satu ini juga memiliki berbagai manfaat dan sangat tepat untuk membantu seseorang supaya senantiasa segar dan bugar selama menjalankan ibadah puasa.

Kata kurma sendiri telah banyak disebut dalam hadis.Bahkan, Al-Qur’an juga menyebutnya sebanyak 21 kali.Hal ini menjadi bukti bahwa buah kurma merupakan jenis buah yang paling banyak disebutkan di dalam Al-Qur’an sehingga tentu saja buah ini menjadi buah yang spesial di dalam pandangan Islam.

Hadis pun juga menerangkan tentang kurma beserta bagaimana cara memakan kurma saat berbuka puasa, untuk sarapan, untuk campurna minuman tertentu dan untuk dijadikan makanan bayi. Tidak hanya itu, Injil pun juga menyebutkan kata kurma sebanyak 51 kali.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pangan, kurma menjadi makanan yang sangat ideal lantaran ia menyediakan jenis nutrisi esensial yang sangat lengkap sehingga menjadi baik untuk kesehatan. Hasil ini tentu saja mempunyai suatu potensi bahwa kurma dapat dijadikan sebagai bahan makanan terbaik di era mendatang.Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa kurma menjadi makanan yang ideal untuk menjadi menu bulan Ramadhan.

Berdasarkan hasil dari perbandingan analisa lab USDA dengan produk pangan yang lain seperti beras, bayam, pisang, durian, anggur, apel, buah tin, kentang, mangga dan juga kiwi menunjukkan bahwa kurma mempuyai unsur atau kandungan nutrisi yang paling baik terdiri dari kalori, karbohidrat, serat tertinggi, lemak terendah dan tanpa ada kandungan kolesterol di dalamnya. Di samping itu, kurma juga memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap yang terdiri dari delapan macam vitamin dan juga kandungan elektrolit dan juga mineral paling tinggi. Bahkan, kurma masih memiliki kandungan Phytonutrients misalnya betacaroten dan 23 Asam Amino.
Banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk mengkonsumsi jenis kurma karena ini menjadi jenis makanan paling sehat. Selain bentuk aslinya, sudah ada sajian luirma yang diolah menjadi suplemen atau makanan sehat tambahan.
Serbuk sari bunga jantan pada kurma sangatlah berguna untuk membantu kesuburan para wanita. Sementara akar dari kurma sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan kejantanan pria. Sedangkan untuk saripatinya bisa membantu meningkatkan kesehatan dan layak dikonsumsi untuk semua usia.
Cara konsumsi buah kurma ini juga sangat sederhana. Di samping bisa diolah, kurma yang dijual secara luas di pasaran juga dapat dikonsumsi secara langsung. Akan tetapi, Nabi menyarankan kepada manusia untuk mengkonsumsi buah kurma ini dalam jumlah yang ganjil mulai dari 3, 5 atau 7. Tujuannya adalah agar seseorang bisa terhindar dari adanya sihir pada hari tersebut.

Selain tercukupinya nutrisi dalam tubuh Anda, kurma ternyata masih memiliki manfaat yang lain, yaitu untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh orang yang mengkonsumsinya sehingga ia menjadi terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan ketika dikonsumsi saat Ramadhan, tubuh juga akan tetap bugar seharian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar